S3 Ilmu Linguistik

Program Studi Doktor (S3) Ilmu Linguistik memiliki kompetensi utama, kompetensi pendukung, kompetensi lainnya, dan dan profil lulusan. Dengan kemampuan tersebut, lulusan Program Studi Doktor (S-3) Ilmu Linguistik berpeluang untuk menguasai beberapa sektor, antara lain:

Kompetensi Utama:

  1. Mampu menciptakan temuan baru bidang kelinguistikan secara profesional, baik konsep teoretik maupun praktik profesionalnya sampai menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji secara komprehensif.
  2. Mampu memecahkan permasalahan kelinguistikan bahasa nasional, bahasa daerah, dan bahasa internasional melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian kelinguistikan dengan memanfaatkan pengembangan iptek yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan bagi kepentingan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional dengan tetap berpijak dan menjunjung tinggi budaya bangsa.

 

Kompetensi Pendukung:

  1. Kompetensi emosional (komunikasi dan prilaku)
  2. Kompetensi religius (etos, sikap, dan prilaku ilmiah).

 

Kompetensi Lainnya:

  1. Penguasaan teknologi
  2. Penguasaan komputer dan
  3. Mampu mengakses, mengolah, dan memanfaatkan informasi melalui teknologi informasi, baik dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

 

Profil Lulusan:

  1. Peneliti yang handal dan berkualitas internasional,
  2. Berkompetensi memublikasikan karya ilmiah, termasuk dalam jurnal nasional dan internasional serta mampu menjadi ujung tombak dalam pengembangan linguistik, baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional.
  3. Dosen/guru, pakar, konsultan, dan pemerhati di bidang kelinguistikan, serta sebagai penerjemah yang professional.