Sastra Bali

  • SASARAN PROGRAM STUDI SASTRA BALI

(1) Sasaran Bidang Pendidikan dan Pengajaran

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas, produktif, dan mengutamakan akhlak dan beriman untuk menghasilkan lulusan yang terampil di bidang bahasa, aksara, dan sastra Bali.

(2)  Sasaran  Bidang Penelitian

Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dan berdaya guna sebagai salah satu modal untuk peningkatan mutu dosen agar peka terhadap perkembangan ilmu bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai penunjang kebudayaan Bali yang berkembang di masyarakat.

(3) Sasaran  Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pelestarian,  pengembangan, dan pembinaan ilmu bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai wujud kepedulian  terhadap bahasa, aksara, dan sastra Bali yang berkembang di masyarakat.

 (4)  Sasaran Bidang Organisasi dan Manajemen

Meningkatkan kualitas dan mengembangkan manajemen yang terorganisir dan sistematis.

 (5) Sasaran Bidang  Mahasiswa dan Lulusan

Meningkatkan kualitas dan produktivitas kegiatan mahasiswa serta hubungan alumni.

(6)   Sasaran Bidang Sumber Daya  Manusia,Pembiayaan, Sarana, dan Prasarana

Peningkatan sumber daya manusia, pembiayaan, sarana dan prasarana untuk menunjang kualitas pembelajaran.

(7) Sasaran Bidang Kerja Sama

Mengadakan kerja sama dengan institusi-institusi yang berkaitan dengan perkembangan bahasa, aksara, dan sastra Bali

  • Profil Lulusan  Program Studi sastra Bali

1. Akademisi (pengajar) dan peneliti dalam mengembangkan keilmuan bidang pernaskahan Bali (tradisional)

2. Praktisi  di bidang pernaskahan Bali (tradisional)

3. Administrator pernaskahan (tradisioonal) baik pemerintah atau swasta

4. Pelaku Wirausaha di bidang pernaskahan (tradisional)

5. Tenaga terampil di bidang kewartawanan,  penyiar, dan MC;

6. Konsultan dalam bidang bahasa, aksara, dan sastra Bali.

  •  Kompetensi Lulusan/Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

1.      Kompetensi Utama

  1. Berkemampuan melakukan analisis yaitu mampu dan terampil mengidentifikasi masalah, mengumpulkan dan menganalisa informasi (termasuk data, fakta, konsep dan teori) menggunakan metode-metode yang tepat.
  2. Berkemampuan melakukan penilaian yaitu; menerapkan informasi baik dari hasil analisa dan teori untuk kemudian membuat keputusan berdasarkan bukti-bukti yang relevan.
  3. Berkemampuan mengembangkan kebijakan di bidang pelestarian dan pengembangan yaitu mampu dan trampil secara efektif mengarahkan kebijakan bahasa, aksra, dan sastra Bali berdasarkan atas bukti analisis yang tepat.
  4. Berkemampuan menjaga diberlakukannya peraturan dan perundangan yang melindungi bahasa, aksara, dan sastra Bali bagi kepentingan masyarakat.
  5. Berkemampuan merencanakan program pengembangan bahasa, aksara, dan sastra Bali yaitu; merencanakan, mengorganisir, menerapkan, dan mengevaluasi program.
  6. Terampil berkomunikasi dalam bahasa Bali dengan publik.
  7. Berkemampuan  dalam memahami budaya Bali dan budaya lainnya di Nusantara, bahkan Dunia,  yakni mampu dan  terampil  mengidentifikasi kompetensi sosial-budaya yang diperlukan untuk membangun interaksi secara efektif dengan beragam individu, kelompok dan masyarakat, sebagai peruwujudan dari sikap moral  dan etika terhadap faktor  sosial budaya untuk keberhasilan menerapkan perilaku, program dan kebijakan.
  8. Berkemampuan menjadi agen pembaharu dan menjalin kemitraan dengan orang lain dalam bentuk advokasi dan bermitra bersama untuk mencapai tujuan bersama.
  9. Berkemampuan memahami dasar ilmu bahasa, aksara, dan sastra Bali, yaitu; kemampuan  memahami pengetahuan utama ilmu bahasa, aksara, dan sastra Bali.
  10. Berkemampuan berpikir kritis yang berhubungan dengan disiplin ilmu dalam rumpun ilmu bahasa, aksara, dan sastra Bali.
  11. Berkemampuan memimpin dan berpikir sistem yaitu kepemimpinan untuk membangun kapasitas, meningkatkan kinerja, meningkatkan kualitas lingkungan kerja, serta kepemimpinan untuk  merangsang  organisasi dan masyarakat untuk menciptakan, dan menerapkan berbagi visi, misi, dan nilai-nilai dalam meningkatkan kebertahanan bahasa, aksara, dan sastra Bali sebagai akar kebudayaan Bali.
  12. Berkemampuan mengidentifikasi masalah, menganalisa, mengembangkan, mengintervensi dan mengevaluasi program terkait bahasa, aksara, dan sastra Bali.
  13. Berkemampuan menggunakan pemahaman terhadap kearifan budaya lokal dan budaya Nusantara dalam mengembangkan aspek-aspek bahasa, aksara, dan sastra Bali serta budaya Bali dalam arti luas.
  14. Terampil dalam mengaplikasikan berbagai metode berbasis budaya lokal dalam penyelesaian masalah kebahasaan, aksara, dan kesusastraan Bali.
  15. Berkemampuan dan terampil dalam mengaplikasikan berbagai piranti lunak dalam melestarikan dan mengembangkan bahasa, aksara, dan sastra Bali.
  16. Berkemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan.
  17. Berkemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan dengan efektif.
  18. Berkemampuan menggunakan secara tepat dan efisien berbagai aplikasi komputer.
  19. Berkemampuan mengendalikan diri, memiliki integritas dan disiplin tinggi.
  20. Beriman, berakhlak mulia dan cinta tanah air.
  21. Memahami estetika, etika sosial, dan etika akademik.
  22. Adaptif dan cepat tanggap.
  23. Kreatif, inovatif, dan produktif.

2        Kompetensi Pendukung

  1. Berkemampuan mengidentifikasi masalah, menganalisa, mengembangkan, mengintervensi dan mengevaluasi program terkait bahasa, aksara, dan sastra Bali.
  2. Berkemampuan menggunakan pemahaman terhadap kearifan budaya lokal dan budaya Nusantara dalam mengembangkan aspek-aspek bahasa, aksara, dan sastra Bali serta budaya Bali dalam arti luas.
  3. Terampil dalam mengaplikasikan berbagai metode berbasis budaya lokal dalam penyelesaian masalah kebahasaan, aksara, dan kesusastraan Bali.
  4. Berkemampuan dan terampil dalam mengaplikasikan berbagai piranti lunak dalam melestarikan dan mengembangkan bahasa, aksara, dan sastra Bali.

3        Kompetensi Lainnya

  1. Berkemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan.
  2. Berkemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan dengan efektif.
  3. Berkemampuan menggunakan secara tepat dan efisien berbagai aplikasi komputer.
  4. Berkemampuan mengendalikan diri, memiliki integritas dan disiplin tinggi.
  5. Beriman, berakhlak mulia dan cinta tanah air.
  6. Memahami estetika, etika sosial, dan etika akademik.
  7. Adaptif dan cepat tanggap.
  8. Kreatif, inovatif, dan produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.