Dekan FIB Unud Membuka Program Orientasi bagi Mahasiswa The Bali International Program on Asian Studies

Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha,M.A. saat membuka acara orientasi bagi mahasiswa BIPAS didampingi oleh perwakilan dari Asia Exchange, Mr. Tuomas Kauppinen (kanan), dan Ketua BIPAS FIB Unud Dr. Made Rajeg (Foto-foto Ida Ayu Laksmita Sari)

Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana, Prof. Dr. Ni Luh  Sutjiati Beratha,M.A., membuka acara “Orientation Program for BIPAS Students” Kamis, 25 Januari bertempat di Aula Widya Sabha Mandala, kampus setempat. Acara bagi mahasiswa internasional ini berlangsung dua hari sampai Jumat, 26 Januari 2018.

BIPAS adalah The Bali International Program on Asian Studies, program studi internasional dengan pendekatan multisipliner dengan topik yang difokuskan pada bisnis internasional dengan penekanan pada peran Asia dalam perubahan lanskap global. Program internasional Universitas Udayana ini dikelola oleh Fakultas Ilmu Budaya.

Program BIPAS menawarkan mata kuliah seperti “Economy and Business of South East Asia”, “Indonesian History, Ethnology, Culture and Customs”, “International Tourism Management”, “Business Law and Legal Tradition on Trade and Investment”, “ Indonesian Language”, “International Entrepreneurship”, ”International Business”,” Global Marketing”, dan ” Cross-Cultural Communications”.

Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha,M.A.

Angkatan ke-18

Program BIPAS dimulai sejak 2009 dan orientasi kali ini adalah orientasi angkatan ke-18. Ketua BIPAS Dr. I Made Rajeg, M.Hum dalam laporannya menyatakan bahwa profil mahasiswa kali ini adalah 121 orang dari 12 negara, termasuk Eropa, Amerika, dan Asia. Program ini berlangsung mulai tanggal 25 Januari dan berakhir tanggal 24 Mei 2018.

“Sesungguh program orientasi sudah dimulai sejak kemarin. Kemarin dilaksanakan acara chill out day dan mereka terlihat terkesan, sedangkan hari ini dan besok adalah kegiatan orientasi akademik,” jelas Dr. Rajeg.

Ketua BIPAS Dr. I Made Rajeg.

Pengalaman yang Menakjubkan

Perwakilan dari Asia Exchange, Mr. Tuomas Kauppinen menyampaikan terimakasih kepada Universitas Udayana karena telah menyambut dengan baik mahasiwa BIPAS ini.

Ia menyatakan bahwa dengan mengikuti Program BIPAS peserta akan mendapatkan pengalaman hidup yang menakjubkan.

“Kita sekarang ada di lingkungan yang berbeda di Bali, jadi kalian harus berusaha mengerti dan menghormati perbedaan yang ada selama anda di Bali. Jika dapat melakukannya maka kalian akan mendapatkan pengalaman yang tidak dapat dilupakan,” pesannya kepada mahasiswa asing peserta program BIPAS.

Mr. Tuomas Kauppinen

Berikan yang Terbaik

Dekan FIB Unud Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha,M.A. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Asia Exchange, Mr. Tuomas Kauppinen, kepada FIB Unud melaksanakan program kerja sama internasional ini.

We have and will always do our best. Kami akan selalu melakukan yang terbaik dalam memberikan pelayanan akademik kepada mahasiswa dan pelayanan lain yang mendukung kegiatan akademik,” ujar Prof. Sutji.

Prof. Sujti menyampaikan terima kasih kepada tim pengelola BIPAS di FIB Unud yang bekerja keras dan cerdas dalam memberikan pelayanan akademik dan yang terkait.

Para undangan, dosen, dan pengajar BIPAS.

“Saya kagum karena tim BIPAS siap selalu dalam 24 jam, jika mahasiswa memerlukan bantuan, mereka siap, meskipun harus bekerja tengah malam,” ujar Prof. Sutji bangga.

Prof. Sutji juga menyampaikan kebahagiaannya karena selama ini mahasiswa BIPAS selalu terbuka untuk menyerap pengalaman belajar dan budaya di Bali.

“Dengan belajar di Bali, Anda tidak saja memahami isi buku tetapi juga pengalaman hidup dan budaya di Bali yang menakjubkan,” ujar Prof. Sutji.

Mahasiswa BIPAS

Perkuliahan BIPAS diisi banyak kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan seni budaya seperti merangkai janur, membuat canang, menari, dan mengunjungi destinasi wisata.

Mahasiswa BIPAS.

Susunan Acara Orientasi

Acara orientasi hari pertama terdiri dari ceramah dari Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A tentang Basic fact of Bali, Practical Information, dan dari International Office mengenai Historical of Unud, education nowadays, and facilities. Orientasi diakhiri dengan Sharing with Asia Exchange.

Mahasiswa BIPAS.

Hari kedua terdapat penjelasan mengenai Tropical disease dari KYOAI Hospital, Penjelasan oleh ketua BIPAS mengenai kalender akademik, informasi perkuliahan, kunjungan, workshops, dan lain sebagainya. Penjelasan mengenai Visa dan diakhiri dengan presentsi dari AE Partner (Ida Ayu Laksmita Sari).