Dosen Fakultas Ilmu Budaya Unud Terbitkan Buku “Dinamika Manusia dan Kebudayaan Indonesia dari Masa ke Masa”

Sampul buku, ilustrasi karya I Made Widnyana dan desain sampul oleh Epistula Communications Bali.

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana menerbitkan buku berjudul Dinamika Manusia dan Kebudayaan Indonesia dari Masa ke Masa (2017) disunting bersama Prof. Dr. Ida Bagus Putra Yadnya dan Prof. Dr. I Wayan Ardika.

Buku setebal 350 halaman plus parateks di awal itu berisi 15 artikel yang ditulis oleh dosen-dosen FIB. Daftar isi selengkapnya DAFTAR ISI BUKU

Disambut Baik

Dekan FIB Prof. Dr. Sutjiati Beratha,M.A. menyambut baik terbitnya buku ini. Beliau menyampaikan buku ini menjadi acuan untuk mata kuliah “Masyarakat dan Kebudayaan Indonesia”.

“Ini merupakan buku kedua yang ditulis oleh para dosen FIB. Kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada semua penulis dan editor buku ini, Tuhan memberkati, just in time,” ujar Pof. Sutji yang ikut menulis satu bab bersama Prof. Dr. I Wayan Ardika.

Buku pertama berjudul Harmoni Sosial Lintas Budaya (2016) disunting oleh Prof. Dr. I Wayan Ardika info buku Lintas Budaya).

Menurut Dekan Prof. Sutji, buku Dinamika Manusia dan Kebudayaan Indonesia dari Masa ke Masa ini rencanakan diluncurkan dengan buku-buku yang ditulis oleh Bapak WR IV melalui Centra HKI  (Hak Kekayaan Intelektual) Unud.

Lanskap Dinamika Budaya

Buku ini membentangkan lanskap dinamika manusia dan kebudayaan Indonesia dari masa pra-sejarah sampai era global dewasa ini. Migrasi dan kontak dengan bangsa luar merupakan faktor penting dalam proses pembentukan lanskap budaya Indonesia dari masa ke masa.

Diawali dengan uraian tentang masa pra-sejarah yang ditandai dengan kehadiran manusia pertama nusantara (Homo Erectus) dan disusul oleh manusia yang cerdas dan bijak (Homo Sapiens) puluhan ribu tahun silam, buku ini kemudian menyajikan kajian tentang bahasa dan budaya Austronesia, kontak bangsa dan etnik Nusantara dengan bangsa luar, kehadiran dan dinamika agama-agama di Indonesia, falsafah Bhinneka Tunggal Ika, kolonialisme, nasionalisme, polemik dan politik kebudayaan, pariwisata, hingga peran media massa dalam proses formasi lanskap budaya Indonesia.

Artikel-artikel di dalam buku ini ditulis oleh dosen-dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dengan latar belakang keahlian masing-masing termasuk bidang arkeologi, linguistik, sejarah, antropologi, sastra Jawa Kuno, sasra Indonesia, dan kajian budaya. Buku ini dimaksudkan sebagai bahan pokok mata kuliah Masyarakat dan Kebudayaan Indonesia (Darma Putra).