Wakil FIB Ikut Delegasi Unud Kunjungi Dua Universitas Di Korea

Foto Bersama Delegasi Unud dan Korea University.

Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud yaitu Wakil Dekan II (Bidang Umum dan Keuangan) Drs. Gde Nala Antara,M.Hum. dan Ketua Program Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) Drs. I Nengah Sukartha, SU, termasuk dalam tujuh orang delegasi Universitas Udayana ikut mengunjungi dua universitas terkemuka di Seoul, Korea Selatan.

Delegasi Unud terdiri dari Kepala Biro Akademik, Kerjasama, dan Humas, dan Ketua Penjaminan Mutu Pusat Internasional Program Unud (CIP) beserta staf. Kunjungan ini bertujuan sebagai bagian upaya promosi universitas menuju Unud sebagai World Class University.

Kunjungan pertama yang sedianya dilakukan di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS) pada hari Senin 11 Desember ditunda keesokan harinya Selasa 12 Desember 2017.

Delegasi Unud diterima pukul 10.00-11.30 waktu setempat oleh Mr. Sekwon Oh, Head of Office of International Student Service dari Hankuk University of Foreign Studies, Seoul Korea beserta jajarannya. Delegasi diterima dengan senang hati, diisi dengan perkenalan delegasi dan pemberian iinformasi tenang profil kedua universitas.

Dalam diskusi yang cukup hangat (walaupun suhu di luar ruangan -7°C) dibicarakan tentang tindak lanjut dari MOU yang sudah  ditandatangani sebelumnya antar-kedua universitas, seperti  program student exchange pada tahun 2018 (the discusssion about inbound and outbond programmes).

Suasana Diskusi Rencana Pembentukan Korean Language Center.

Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan berkeliling di seputaran kampus dipandu oleh staff dari HUFS.

Setelah berkeliling di seputaran kampus, pertemuan dilanjutkan dengan Mr. Jong Suck Kim, Dean Bussines Division beserta staff, untuk mendiskusikan tindak lanjut Korean Language Program Joint Operation Proposal (the discussion about the foundation of Korean language school).

Ada satu point penting yang akan ditindaklanjuti di tahun 2018, yaitu rencana pendirian “Korean Language Center” di Unud di bawah FIB dengan beberapa persyaratan/point yang perlu masih disepakati dari kedua  pihak, serta mereka akan datang ke  Unud untuk penandatanganan MOA.

Acara diakhiri dengan makan siang bersama di Sky Lounge 13th floor of main building Hankuk University of Foreign Studies.

Sore hari (pk. 14.55- 16.30 waktu Korea) kunjungan delegasi Unud berlanjut ke Kantor Urusan Internasinal Korea University  (KU) yang diterima oleh perwakilan KU  yaitu Mr. D’Arcy Drachenberg, Senior Manager, Internationsl Communication & Protocol, Ms. Yunji KIM, Exchange & Study Abroad Programs (Asia, Oceania) dan Ms. Hyeona LEE, manager, Student Mobility & Internships.

Pertemuan diawali dengan pemaparan secara komprehensif tentang video profil KU-Future oleh   Mr. Dracgenberg, dan disusul dengan pemaparan sepintas profil Unud  yg diselingi pula dengan mempromosikan beberapa program studi unggulan Unud, serta ikut pula informasikan bahwa Bali (Unud) masih aman dikunjungi oleh  para wisatawan atau mahasiswa karena lokasi universitas cukup jauh dari Gunung Agung yg sedang erupsi.

Penyerahan Kenang-kenangan Antara Delegasi Unud Dan HUFS.

Dalam diskusi itu pihak UNUD mengundang pihak KU untuk datang berkunjung   ke Unud (Bali) serta dibicarakan juga kemungkinan kerjasama ke depan yg perlu dijalin antara Korea University dan Universitas Udayana.

Pertemuan di KU diakhiri dengan tukar-menukar cinderamata dan foto bersama (Gde Nala Antara).