Prodi Sastra Inggris Gelar Seminar “Linguistics Landscape”

Wakil Dekan 1 FIB Unud, Prof. I Nyoman Suparwa (tengah) berfoto bersama panitia, pembicara, dan dosen Prodi Sastra Inggris usai acara pembukaan Seminar Linguistic Landscape.

Kegiatan Seminar Nasional Linguistic Landscape merupakan salah satu program kerja tahun 2017 dari Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Seminar Nasional Linguistic Landscape yang dilaksanakan 8 September 2017 mengambil tema Eksistensi Bahasa Tanda Luar Ruang Sebagai Bentuk Komunikasi Massal.

Linguistic Landscape merupakan fenomena baru di bidang language in use (pemakaian bahasa). Fenomena tersebut menjadi menarik untuk dicermati lebih lanjut dengan memberikan ruang bagi perkembangan bahasa lokal dan memperlihatkan adanya pengaruh bahasa asing. Pemilihan topik Linguistic Landscape ditujukan untuk memberikan wawasan fenomena – fenomena linguistik yang terjadi di masyarakat.

Untuk seminar ini, Program studi Sastra Inggris mengundang dua pembicara yang memahami bidang Linguistic Landscape untuk berbagi yaitu Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, M.A. dari Universitas Gajah Mada dan Prof. Dr. Oktavianus dari Universitas Andalas Padang.

Seminar Nasional ini dihadiri oleh 150 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa semester 5 program studi Sastra Inggris dan karyasiswa pascasarjana. Selain itu, acara yang dibuka oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Budaya, Prof. Dr. I Nyoman Suparwa, M.Hum ini juga dihadiri oleh 60 orang dosen dari program studi Sastra Inggris dan seluruh program studi lainnya di Fakultas Ilmu Budaya (I Made Sena Darmasetiyawan).