Penutupan Matrikulasi Prodi S3 Linguistik Dirangkai dengan Perayaan HUT Prodi Ke-19

Pemotongan tumpeng oleh Prof. Dr. Aron Meko Mbete sebagai salah satu dosen senior Prodi S3 Ilmu Lingusitik yang telah memasuki masa purna bhakti.

Program Studi S3 Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud menggelar acara penutupan matrikulasi pada Kamis 31 Agustus 2017 di ruang Prof. Prijono kampus setempat. Penutupan matrikulasi dilaksanakan serangkaian dengan perayaan hari jadi ke-19 Program Studi Ilmu Linguistik.

Kegiatan matrikulasi S3 Prodi Ilmu linguistik telah berlangsung sejak tanggal 18 Agustus dan berakhir pada 31 Agustus 2017. Kegiatan ini diikuti oleh karyasiswa angkatan 2016 dan 2017.

Karyasiswa matrikulasi dari angkatan 2016 sejumlah 1 orang dan karyasiswa dari angkatan 2017 sejumlah 18 orang. Jadi total keseluruhan peserta matrikulasi adalah 19 karyasiswa.

Pada penutupan ini diserahkan sertifikat matrikulasi secara simbolis dari ketua Program Studi S3 Ilmu Linguistik pada salah seorang perwakilan karyasiswa. Kegiatan penutupan matrikulasi dan perayaan HUT berjalan dalam suasana kekeluargaan yang hangat.

Foto Bersama Karyasiswa S3 Ilmu Linguistik angkatan 2017 dengan para dosen.

Acara kekeluargaan akan dilanjutkan pada 17 September 2017 di Karangasem serangkaian dengan acara purnabhakti salah seorang guru besar Prodi S3 Ilmu Linguistik yaitu Prof. Dr. Aron Meko Mbete

Kesan Pesan Karyasiswa

Pada acara penutupan ini juga perwakilan salah seorang karyasiswa menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan matrikulasi. Perwakilan karyasiswa menyampaikan rasa bahagia dan bersyukur dapat mengikuti kegiatan matrikulasi ini secara penuh hingga penutupan.

Selama proses matrikulasi berlangsung, karyasiswa mendapatkan banyak pengetahuan dari para dosen yang mengisi kegiatan matrikulasi.

Penyerahan kenang-kenangan dari karyasiswa kepada ketua prodi S3 Ilmu Linguistik.

Dosen-dosen membuka cakrawala keilmuwan para karyasiswa yang barangkali selama ini banyak yang jeda dan berprofesi jauh dari keilmuannya. Kesempatan matrikulasi menjadi katalisator untuk menyegarkan kembali intelektualitas para karyasiswa yang akan mengikuti perkuliahan di Prodi S3 Ilmu Linguistik.

Perwakilan karyasiswa juga menyampaikan terimakasih sekaligus memohon bimbingan dari para dosen. Diharapkan juga para dosen yang mengajar di Prodi S3 Ilmu Linguistik tidak hanya memberi pengetahuan, namun juga memberi motivasi serta semangat agar para karyasiswa mampu menyelesaikan studi tepat waktu.

Harapan Pada HUT ke-19 Prodi

Kegiatan matrikulasi kali ini secara resmi ditutup oleh ketua Prodi S3 Ilmu Linguistik Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A. Dalam sambutannya, Prof. Sudipa menyampaikan bahwa semua karyasiswa patut bersyukur karena sudah mampu menempuh pendidikan hingga ke jenjang paling tinggi, sebab tidak semua orang memiliki kesempatan baik seperti ini.

Prof. I Nengah Sudipa, Kaprodi S-3 Linguistik.

Selanjutnya Prof. Sudipa juga berharap agar semua karyasiswa tetap menjaga motivasinya dalam meningkatkan kualitas keilmuan serta mampu menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Tidak lupa juga disampaikan bahwa karyasiswa Prodi S3 Ilmu Linguistik untuk menyiapkan tulisan dalam jurnal internasional yang terindeks sebagai salah satu persyaratan kelulusan nanti.

Penutupan matrikulasi sekaligus juga sebagai peringatan HUT ke-19 Prodi S3 Ilmu Linguistik merupakan momentum yang sangat istimewa. Sebab sebagai hadiah terindah untuk Prodi S3 Ilmu Linguistik adalah nilai akreditasi A yang baru saja diperoleh. Peningkatan nilai akreditasi yang tadinya B kemudian menjadi A adalah buah kerja keras semua komponen keluarga besar Prodi S3 Ilmu Linguistik, pada kesempatan ini Prof. Sudipa juga menyampaikan banyak terima kasih atas kerja keras semua komponen selama masa akreditasi.

Atas capaian akreditasi ini, maka ke depan usaha-usaha untuk mempertahankan nilai ini akan terus digalakkan. Peningkatan jumlah publikasi ilmiah karyasiswa dalam jurnal-jurnal internasional yang terindeks adalah salah satu di antaranya.

Nengah Sudipa menambahkan bahwa selain meningkatkan diri dibidang akademik, sebagai insan kampus maka pengabdian kepada masyarakat ke depannya akan terus diupayakan. Salah satu bagian tri dharma perguruan tinggi ini merupakan bagian dari implementasi atau penerapan atas usaha-usaha akademik yang telah dilakukan. Untuk itu diperlukan dukungan penuh dari Fakultas Ilmu Budaya maupun Universitas Udayana. Sebab prodi S3 Ilmu Linguistik ini adalah salah satu ujung tombak lembaga tersebut.

Penyerahan secara simbolis sertifikat matrikulasi dari ketua Prodi S3 Ilmu Linguistik kepada karyasiswa.

Pada usia yang ke-19, Prodi S3 Ilmu linguistik telah banyak mengalami peningkatan. Jumlah karyasiswa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hingga kini prodi ini memiliki 83 karyasiswa senior dan 18 karyasiswa baru.  Kesemua karyasiswa ini akan mendapat bimbingan dari 27 dosen yang tergabung dalam tim mengajar di Prodi S3 Ilmu Linguistik.

Dukungan Penuh Fakultas

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. memberikan selamat dan sukses atas kegiatan penutupan matrikulasi Prodi S3 Ilmu Linguistik dan serangkaian HUT ke-19 prodi tersebut. Sutjiati Beratha juga menyampaikan selamat atas segala prestasi yang telah mampu diraih oleh Prodi S3 Ilmu Linguistik, salah satunya adalah dengan mampu meningkatkan nilai akreditasi menjadi A.

Semua program studi S1, S2, dan S3 yang telah terintegrasi di FIB tentunya akan mendapatkan dukungan penuh dari pihak fakultas.Terlebih kegiatan tersebut berkaitan dengan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki Fakultas Ilmu Budaya.

Karyasiswa S3 Prodi Ilmu LInguistik dan Para dosen.

Semua komponen dan keluarga besar civitas akademika harus bersinergi untuk bersama-sama memajukan Fakultas Ilmu Budaya dan Universitas Udayana.

Dukungan penuh dari pihak fakultas tentu saja harus dibarengi dengan kesungguhan setiap prodi dalam  mengembangkan dan memaksimalkan visi misi Fakultas Ilmu Budaya dan Universitas Udayana (I Gede Gita Purnama A.P)