Prodi Sastra Inggris FIB Unud Gelar Lokakarya “English for Specific Purposes”

Dekan FIB Unud Prof. Dr. Luh Sutjiati Beratha, M.A. saat membuka lokakarya ESP.

Prodi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana menyelenggarakan Lokakarya English for Specific Purposes (ESP) pada hari Selasa, 29 Agustus 2017. Acara ini diikuti oleh 207 mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018.

Kegiatan lokakarya ESP dihadiri oleh Dekan FIB yang sekaligus membuka acara, Wakil Dekan I, II, dan III, koordinator prodi, sekretaris prodi, dosen-dosen Prodi Sastra Inggris, ketua dan sekretaris himpunan mahasiswa Prodi Sastra Inggris (HMPSSI), serta seluruh mahasiswa baru Prodi Sastra Inggris FIB.

Nilai Plus

Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. dalam sambutanya mengungkapkan kegiatan lokakarya ini memberi nilai plus untuk Prodi Sastra Inggris karena telah mampu mengidentifikasi kebutuhan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran atau pengajaran ESP.

I Nyoman Suka Sanjaya, S.S., M. TESOL., Ph.D. (tengah), sebagai nara sumber saat berfoto bersama dengan panitia dan dosen Sastra Inggris.

“ESP course focus on developing English communication skills is specific discipline: marketing, management, engineering, etc is a particular professional field,” ujar Prof. Sutji, Dekan FIB yang sekaligus dosen Prodi Sastra Inggris.

Lebih lanjut Prof. Sutji menyampaikan: “We have to access the specific vocabularies of the company, industry and functional area and understand how to employ such vocabulary in specific business situations, use appropriate style and tone for the professional discipline, convert technical knowledge into compelling presentation and reports, enhance the productivity, job performance and self confidence with the goal to advance the career.

Prof. Sutji juga mengharapkan agar peserta jangan menyia-nyiakan kesempatan yang baik ini untuk memperoleh informasi mengenai kiat-kiat dan strategi dalam mengajarkan ESP.

Peserta lokakarya.

Implementasi Tri Dharma

Ketua Panitia kegiatan ini, Drs. I Ketut Wandia, M.A., M.App. Ling. menyatakan bahwa lokakarya ESP ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni dharma bidang pendidikan.

“Tujuan lokakarya ini adalah untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang ESP dan kaitannya serta perbedaannya dengan General English,” ujar Ketut Wandia.

Ketua panitia Drs. I Ketut Wandia, M.A., M.App. Ling.

Out put dari lokakarya ini berupa hasil kerja kelompok dari tugas (ESP) yang sudah disiapkan oleh narasumber,” tambah Ketut Wandia. Wakil dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka.

Nara sumber lokakarya ini adalah I Nyoman Suka Sanjaya, S.S., M. TESOL., Ph.D., dosen Politeknik Negeri Bali. Nyoman Sanjaya  merupakan alumni S1 Prodi Sastra Inggris, Universitas Udayana, dan juga lulusan Pennsylvinia State University, USA.

Acara ditutup oleh kooordinator Prodi Sastra Inggris, FIB Dr. Ida Ayu Puspani, M.Hum dan penyerahan sertifikat kepada nara sumber (I Ketut Wandia – Ida Ayu Laksmita Sari).