Kunjungan Akademik Mahasiswa Prodi Sastra Bali FIB Unud ke Prodi Sastra Jawa UI dan Perpustakaan Nasional Jakarta

Foto bersama dengan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro

Mahasiswa Sastra Bali Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud Angkatan 2015 dan 2016 (semester III dan V) mengadakan kunjungan akademik ke Program Studi Sastra Jawa, FIB Universitas Indonesia (UI) dan Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, pada hari Kamis, 20 Agustus 2017. Kunjungan yang diikuti oleh 28 mahasiswa itu di bawah bimbingan dua staff dosen, Drs. I Gde Nala Antara, M. Hum. dan Dr. Drs. Ida Bagus Rai Putra, M.Hum.

Ketika kunjungan akademik ke Program Studi Sastra Jawa, FIB-UI, rombongan disambut oleh Kaprodi, Ibu Dr. Dwi Puspitorini S.S., M.Hum. di Ruang Teater Gedung IX FIB UI. Pada kunjungan tersebut dipersembahkan tarian joged bungbung dari mahasiswa FIB Unud dan persembahan lagu Pop Jawa dari UI sebagai sambutan pembuka dari kedua belah pihak.

Tari Joged Bumbung yang dipersembahkan oleh mhs Sastra Bali-FIB-Unud mendapat sambutan positif dari ‘pangibing’ mhs PS Jawa, FIB-UI

Kaprodi Sastra Jawa, FIB-UI dalam sambutannya menyambut baik kegiatan seperti ini untuk mempererat hubungan kekerabatan antara dosen dan mahasiswa serta untuk peningkatan wawasan keilmuan mahasiswa  melalui kegiatan diskusi akademik mahasiswa sebagai tujuan utama dari pertemuan ini.

Kegiatan diskusi akademik ini mengambil topik  “Keberadaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Daerah (Jawa-Bali) Dulu, Kini, dan Nanti”. Diskusi berlangsung hangat dan bersahabat.

Situasi diskusi mahasiswa antar kedua prodi berlangsung hangat.

Pada kesempatan itu juga disampaikan bahwa jika tidak ada halangan, mahasiswa PS Sastra Jawa, FIB-UI  berencana  akan mengadakan kunjungan balasan ke Unud tahun depan. Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan antara kedua prodi.

Ketua Prodi Sastra Jawa, FIB-UI, Dr. Dwi Puspitorini S.S., M.Hum. (kiri) menerima kenang-kenangan dari , Drs. I Gde Nala Antara, M. Hum, pimpinan rombongan dari Prodi Sastra Bali, FIB-Unud

 Setelah itu Kunjungan Akademik dilanjutkan ke Perpustakaan Nasional-RI untuk melihat naskah (lontar) kuna koleksi Perpustakaan Nasional-RI. Secara kebetulan saat kunjungan itu bertemu Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro.

Beliau sangat bangga melihat masih banyak generasi muda Bali tetap antusias untuk memperdalam bidang ilmu pernaskahan. Saat itu juga dua orang mahasiswa Sastra Bali, FIB-Unud, sempat diwawancarai wartawan dari salah satu TV nasional.

Mhs Sastra Bali, FIB-Unud antusias mendengarkan keterangan dari petugas tentang koleksi naskah lontar kuna yang dimiliki Perpustakaan Museum Nasional-RI.

Kunjungan Akademik ke UI dan Perpustakaan Nasional-RI didahului dengan persembahyangan dan “makemit” bersama di Pura Parahyangan Agung Jagat Karta Gunung Salak sehari sebelumnya [noh].