Seminar Seri Sastra dan Budaya FIB Unud Bahas Dua Hasil Penelitian Kandidat Doktor Linguistik

Seminar Seri Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud yang dilaksanakan Jumat, 4 Agustus 2017, akan membahas dua hasil penelitian kandidat doktor Prodi Linguistik. Seminar yang terbuka untuk umum ini berlangsung pukul 09.00-11.30, di Ruang Insinyur Soekarno, kampus FIB, Jalan Nias Sanglah, Denpasar.

Kedua pembicara tersebut adalah Puji Retno Hardiningtyas yang akan membahas makalah “Wacana Keindahan dan Kehancuran Alam dalam Puisi Indonesia karya Penyair Bali, 1960-2015” dan Ida Ayu Laksmita Sari dengan materi “Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Masyarakat Bali Aga dan Ainu Jepang”. Sebagai moderator dalam diskusi adalah I Made Sujaya, juga mahasiswa S-3 Prodi Linguistik FIB Unud.

Salah satu koordinator Seminar Seri Prof. I Nyoman Darma Putra menyampaikan bahwa kedua pembicara dalam Seminar Seri kali ini adalah mahasiswa program doktor dari Prodi Linguistik FIB. Setiap mahasiswa S-3 Linguistik FIB diwajibkan menyampaikan seminar sebelum mereka maju untuk ‘Seminar Hasil Penelitian” di hadapan para penguji.

Sekarang Diperluas

Dekan FIB Unud Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha menyampaikan selama ini, seminar wajib untuk kandidat doktor itu dilaksanakan secara terbatas dengan peserta teman-teman mahasiswa sekelas/seangkatan, namun sekarang diperluas ke Seminar Seri sehingga mahasiswa yang tampil dalam seminar bisa mendapat masukan lebih luas dan lebih bagus.

Dekan Prof. Sutji menyampaikan bahwa sudah menjadi keputusan rapat pimpinan bahwa Seminar Seri Sastra dan Budaya diperuntukkan bagi mahasiswa S-1, S-2, dan S-3, dosen, serta pakar dari luar Unud untuk berbagi ilmu pengetahuan.

Sambutan positif disampaikan oleh Kaprodi Doktor Ilmu Linguistik Porf. Nengah Sudipa karena mahasiswa S-3 Linguistik bisa tampil dalam seminar yang memungkinkan mereka mendapat banyak masukan yang baik.

“Kami menyambut baik program Seminar Seri yang akan menjadi forum bagi setiap mahasiswa kami untuk menyajikan hasil penelitiannya. Maksudnya untuk mendapatkan masukan yang berguna untuk meningkatkan mutu disertasi mereka nanti,” ujar Prof. I Nengah Sudipa, Kaprodi S-3 Linguistik FIB Unud.

Selama ini agak sulit mencari pembicara untuk Seminar Seri, namun kini dengan diwajibkan mahasiswa S-3 untuk tampil dalam Seminar Seri, kelanjutan dan keberlangsungan Seminar Seri akan bisa lebih dijamin (DP).