Teliti Pemerolehan Bahasa Anak Bilingual Simultan, Sri Adnyani Raih Gelar Doktor Linguistik di FIB Unud

 

Promotor sekaligus pimpinan sidang Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha. M.A. menyerahkan tanda lulus kepada promovenda Ni Luh Putu Sri Adnyani, S.Pd., M.Hum. (Foto Gita Purnama).

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud melangsungkan ujian terbuka/promosi doktor di Ruang Dr. Ir Soekarno kampus setempat, Rabu, 26 Juli 2017. Ujian terbuka ini dipimpin langsung oleh Dekan FIB Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha. M.A., sementara promovendanya adalah mahasiswa Doktor Ilmu Linguistik, Ni Luh Putu Sri Adnyani, S.Pd., M. Hum.

Sri Adnyani tercatat sebagai doktor ke-119 di Prodi Doktor S3 Ilmu Linguistik sejak prodi ini berdiri. Ujian terbuka doktor dimulai tepat pada pukul 10.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita berjalan baik dan lancar.

Promovenda mempresentasikan hasil penelitian dengan sangat baik dan sangat meyakinkan. Rapat yudisium menyatakan bahwa Ni Luh Putu Sri Adnyani, S.Pd., M.Hum., dinyatakan lulus dengan predikat Istimewa

Pemerolehan Bahasa pada Anak

Promovenda Ni Luh Putu Sri Adnyani, S.Pd., M.Hum. mempertahankan disertasi dengan judul “ Pemerolehan Bahasa Anak Bilingual Simultan Indonesia-Jerman”. Penelitian ini dilakukan guna memeroleh daftar bunyi fonem yang diperoleh anak bilingual simultan Indonesia-Jerman.

Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan teknik observasi yang dilakukan secara sistematis, dengan melihat pemerolehan bahasa anak bilingual yang diekspos dalam dua bahasa yang secara tipologi sangat berbeda yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Jerman.

Tim penguji doktor.

Hal menarik dari penelitian Sri Adnyani adalah peneliti menggunakan anaknya sebagai objek atau sumber data primer, yang merupakan anak dengan kasus bilingual simultan Indonesia-Jerman.

Perangkat Analisis

Pada proses analisis data, peneliti menggunakan bantuan perangkat lunak, yaitu ELAN dan TOOLBOX. Penggunaan dua perangkat lunak ini merupakan sebuah keseriusan baru dalam ranah penelitian fonologi.

Menurut promotor Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A., banyak yang sudah tahu kedua perangkat tersebut, namun tidak banyak yang mampu menggunakannya secara serius dalam aplikasi penelitian, khususnya penelitian fonologi.

Promotor yang juga sekaligus ketua sidang memuji usaha yang sangat serius dari Sri Adnyani untuk menguasi dan mengaplikasikan kedua perangkat lunak tersebut.

Ilustrasi anak-anak belajar bahasa.

Temuan

Terdapat empat temuan dalam penelitian ini. Pertama adalah anak mengembangkan bunyi-bunyi bahasa yang di perolehnya sesuai dengan konsep keuniversalan dalam pemerolehan bunyi bahasa anak.

Kedua, dalam perkembangan fonologinya ditemukan terjadinya beberapa transfer bunyi, yakni bunyi-bunyi yang terdapat dalam sistem fonetik bahasa Indonesia ditransfer ke dalam produksi bahasa Jerman.

Ketiga, pemerolehan leksikal anak dalam bahasa Indonesia lebih dari dua kali lipat perolehan leksikal dalam bahasa Jerman.

Keempat, anak juga mengalami proses transfer sintaksis atau yang dikenal dengan CLI dari bahasa Indonesia ke dalam produksi bahasa Jerman.

Tim Penguji

Ujian terbuka Ni Luh Putu Sri Adnyani, S.Pd., M.Hum., tanggal 26 Juli 2017 dipimpin oleh Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. Tim penguji terdiri dari ketua Prof. Dr. I Ketut Darma Laksana, M.Hum., dengan anggota:

Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A., Prof. Dr. I Wayan Pastika, M.S., Prof. Dr. I Nyoman Suparwa, M.Hum., Prof. Dr. Made Budiasa, M.A., Dr. I Made Rajeg, M.Hum., Dr. Ida Ayu Made Puspani, M.Hum., dan Faizah Sari, Ph.D. (I Gede Gita Purnama Arsa Putra)