Kontingen Fakultas Ilmu Budaya Menjadi Juara Umum pada Berbagai Lomba Perayaan Hari Ibu 2016

Dekan FIB Prof. Sutjiati Beratha,M.A. gembira menjunjung piala juara umum bersama kontingen FIB dalam Lomba Hari Ibu, 17 Desember 2016.

Dekan FIB Prof. Sutjiati Beratha,M.A. gembira menjunjung piala juara umum bersama kontingen FIB dalam Lomba Hari Ibu, 17 Desember 2016.

Kontingen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) ke luar sebagai juara umum dalam berbagai lomba serangkaian perayaan Hari Ibu di lingkungan Universitas Udayana, Sabtu, 17 Desember 2016. Lomba berlangsung meriah di Gedung Widya Sabha, Kampus Unud Bukit Jimbaran.

Gelar juara umum untuk FIB ditetapkan setelah kontingen FIB meraih 4 kemenangan dari lima jenis perlombaan, yaitu sebagai juara 1 Lomba Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang; juara 1 Lomba Paduan Suara; juara 2 Lomba Fashion Show Busana ke Pura Berpasangan; dan Juara 3 Lomba Fashion Show Endek Kerja Berpasangan.

Keberhasilan FIB sebagai juara umum segera menyebarkan rasa gembira di kalangan peserta lomba dan Dekan FIB Prof. Sutjiati Beratha,M.A., yang mendampingi kontingen sejak awal hingga akhir. Tanda suka cita ditunjukkan saat semua kontingen beramai-ramai berfoto bersama mengusung piala.

Lomba dan Seminar

Ketua panitia lomba, Prof.Dr.drh.Ni Ketut Suwiti,M.Kes., dalam laporannya mengatakan bahwa rangkaian kegiatan untuk merayakan Hari Ibu diawali dengan beberapa perlombaan yaitu, lomba gebogan hias, lomba makanan sehat, bergizi, dan seimbang, lomba fashion show Busana ke Pura berpasangan, lomba fashion show endek kerja berpasangan, dan lomba paduan suara dan dilanjutkan dengan acara seminar dan workshop 22 Desember di Gedung Pascasarjana Denpasar.

padus 4

Lomba Fashion Show Busana ke Pura Berpasangan.

padus endek

Lomba Fashion Show Endek Kerja Berpasangan.

Prof. Suwiti menambahkan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah ajang bagi bapak dan ibu dosen untuk menunjukkan keahlian selain ilmu yang telah didalami, atau sebagai sarana untuk mempertajam soft skill. Khusus untuk para ibu bagaimana seorang ibu hebat di bidangnya, hebat membimbing anak, dan hebat di bidang sosial.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan hikmah dan makna yang berharga untuk kita semua,” harap Prof. Suwiti.

padus 3

Wakil FIB dalam Lomba Gebogan Hias.

Motivasi Dekan

Keberhasilan FIB menjadi juara umum pada acara ini tidak lepas dari dukungan penuh Dekan FIB, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, MA. Beliau selalu memberikan motivasi yang kuat, berlanjut, dan ikut hadir dalam latihan. Selain itu, Dekan FIB juga menyediakan fasilitas untuk latihan dan perlengkapan untuk berlomba.

Dekan Prof. Sutji menyampaikan bahwa FIB Unud memiliki sumberdaya manusia (SDM) yang sangat mumpuni, terbukti di ajang seperti lomba dalam peringatan Hari Ibu di UNUD, partisipasi para dosen dan pegawai membanggakan hati. “Komitmen mereka untuk FIB luar biasa, dan terbukti dengan juara yang diraih oleh FIB,” ujar Prof. Sutji.

Untuk Paduan Suara lagu wajib yang dinyanyikan adalah “Hymne Udayana”, dan lagu pilihannya adalah “Cinta untuk Mama”, sesuai dengan tema lomba untuk memperingati Hari Ibu. Lagu ini sangat amat berat, namun berhasil dengan maksimal dinyanyikan oleh “para penyanyi paduan suara” FIB.

Tim Padus FIB yang memukau dan ke luar sebagai Juara I.

Tim Padus FIB yang memukau dan ke luar sebagai Juara I.

Tim PAdus FIB selalu kompak sejak latihan dan menuju gelanggang lomba.

Tim PAdus FIB selalu kompak sejak latihan dan menuju gelanggang lomba.

Dekan Prof. Sutji merasa bangga karena mereka memang penyanyi handal walaupun dalam keseharian bertugas baik sebagai dosen maupun pegawai, dan sanggup menjiwai lagu yang dibawakan dengan sempurna.

“Buktinya komentar para penonton sampai berdiri bulu kuduk,” sanjung Prof. Sutji.

Dekan Prof. Sutji menambahkan bahwa para penonton seperti dirinya sangat terharu dan sampai berlinang air mata. “Penampilan tim paduan suara FIB sangat memukau,” tambahnya.

Wakil FIB dalam lomba masakan bergizi.

Wakil FIB dalam lomba Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang.

Sangat skillfull

Menurut Dekan Prof. Sutjiati, peserta lomba lainnya juga menunjukkan bakat dan komitmen yang mengagumkan. “Mereka sangat skillfull,” ujarnya.

Dengan ke luarnya FIB sebagai juara umum, berhasil memboyong piala bergilir. “Tahun depan harus lebih baik. Semoga Piala ini bisa terus bertahan di FIB,” harap Dekan FIB.

“Hanya dengan berbekal ketulusan hati, komitmen yang tinggi, ikhlas bekerja keras demi lembaga, kerja sama yang baik di antara kita semua, hasilnya pasti tidak mengecewakan,” tambah Dekan Prof. Sutji.

Apresiasi Tinggi

Dekan dan jajarannya mengucapkan penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu Dosen dan pegawai FIB sebagai peserta lomba lomba makanan sehat, bergizi dan seimbang; lomba fashion show endek kerja berpasangan; lomba fashion show busana ke Pura berpasangan; lomba gebogan hias; lomba Paduan Suara serta pelatih.

“Karena Bapak dan Ibulah FIB bisa menjadi Juara Umum. Mohon jaga kebersamaan kita selalu, tetap bergandengan tangan, dan saling bahu membahu. FIB semakin bersinar dan tetap jaya,” ujarnya tulus.

Kesungguhan FIB dalam berpartisipasi dalam ajang lomba peringatan Hari Ibu ditandai dengan persiapan yang lebih awal. Persiapan dilakukan selama hampir dua bulan, khusus untuk latihan paduan suara dilaksanakan rata-rata selama 2—3 jam sehari.

Perkuat Keakraban Civitas

Selain untuk memantapkan persiapan lomba, latihan merupakan ajang untuk mempererat persahabatan sesama civitas akademika. Salah seorang peserta mengatakan bahwa ini adalah bentuk pengabdian kepada lembaga tercinta selain itu ajang mengakrabkan diri antara dosen dan pegawai. Namun, ketika paduan suara menjadi juara 1 bahkan FIB menjadi juara umum, semua pengabdian tulus seperti terbayarkan dengan rasa bangga yang tak ternilai harganya.

Para juara menerima hadiah berupa piagam, piala, dan kesempatan untuk menghadiri seminar dengan pembicara Bunda Arsiningsih.

Berikut adalah hasil lomba untuk semua kegiatan dan nilai masing-masing, di mana FIB ditandai dengan cetak miring:

A. Juara Lomba Gebogan Hias

  1. Fakultas Kedokteran Hewan 92,2
  2. Fakultas Hukum 89,8
  3. Darma Wanita 88,6

B. Juara Lomba Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang

  1. Fakultas Ilmu Budaya 94,9
  2. Fakultas Peternakan 92,2
  3. Darma Wanita 91,8

C. Juara Lomba Fashion Show Busana ke Pura Berpasangan

  1. Fakultas Hukum 87,04
  2. Fakultas Ilmu Budaya 85,84
  3. Fakultas Kedokteran 82,96

D. Juara Lomba Fashion Show Endek Kerja Berpasangan

  1. Pasca Sarjana 451,25
  2. Fakultas Pertanian 434,75
  3. Fakultas Ilmu Budaya 423,5

E. Juara Lomba Paduan Suara

  1. Fakultas Ilmu Budaya 904
  2. Fakultas Kedokteran Hewan 881
  3. Fakultas Peternakan 861

(IDA AYU LAKSMITA SARI)